Skip to main content

Ketika Khalid Sakit

Minggu lalu itu minggu yang super nano nano. Gimana enggak ? Khalid yang kuat dan aktif ini tumbang kena DBD. Padahal sehari sebelumnya dia masih main main di luar dan sorenya aktif banget main sama kakak sepupunya.

Hari jum'at pagi.. Khalid tiba2 panas tinggi. Awalnya masih aktif mau main, tapi menjelang jam 8 mulailah dia tumbang. Maunya selalu digendong dan gak mau ditaruh di kasue. Walhasil dr hampir dari pagi sampe sore, khalid aku gendong, bahkan tidurpun dalam keadaan duduk. Pas dicek suhunya 39,9.. Subhanallah hampir 40. Dan kita pun memutuskan dibawa ke dokter dan tes darah. Rupanya Khalid positif DBD. Duuh rasanya hati ini..

Cuman alhamdulillah belum dirawat karena trombosit masih normal.

Akhirnya khalid dirawat waktu hari ke 5 demam, tepatnya saat trombosit turun. Selama sakit khalid banyak diemya. Khususnya sebelum dirawat. Karena sdg fase demam dan dia cuman suka digendong. Gak ngomong dan lemes aja.

Rasanya tuh sedih. Kangen sama khalid yang aktif ngoceh ngoceh .. Lari lari. Sampe aku bilang " ayo dede cepet sembuh biar bisa main"

Trus suami bilang "kalo sehat aja .. Pengen dia (khalid) diem. Giliran skr dia sakit, pengen dia aktif"

Aku rada kena ama omongan suami. Iyasih. Waktu khalid sehat, dia anaknga aktif banget sampe cape nemeninnya. Rasanya pengen dia itu anteng dan kalo aku ngantuk dia juga ikutan bobo. Tapi waktu khalid sakit dan diem aja.. Rasanya sedih banget. Kangen khalid lari lari di rumah, kangen khalid ketawa lebar.

Dapat pelajaran sih. Aku yang masih abal ini memang kurang sabar dan bersyukur dalam meladeni anak. Makanya supaya aku bersyukur dan merasa aktifnya khalid adalah something precious, Allah pun memberi ujian berupa sakitnya khalid. Disitulah aku merasa jumpalitannya khalid, dan gak bisa diemnya dia adalah hal yang paling berharga dan harus  disyukuri.

Nah waktu dirumah sakit, sebenarnya khalid udh mulai aktif karena demamnya dalam fase sudah turun. Tapi bukan berarti ujiannya berhenti. Disana aku diuji dengan harus mensucikan pipis dan pupnya khalid berkali-kali. Jadi gini,  khalid itu diinfus dalam rangka menjaga cairan tubuhnya agar normal. Efek sampingnya, dia pipis hampir setiap jam dengan volume yang lumayan banyak. Walhasil baru ganti pampers.. Eh 1 jam kemudian udh penuh lagi. Ditambah pipisnya bocor dikasur kemana-mana dan harus ganti celana dan sprei berkali-kali. 


Mending kalo bisa cebok dg air, lah ini gak bisa karena inpus dia hrus terus nyambung ke alat. Jadi bersucinya hrus dg tissu kering yang itu proses bersucinya g efisien dan lama. Walhasil pas dia lagi diseka, beberapa kali dia pipis mancur dan pipis pun menggenangi lantain dan kasur. Ya Allah.. Rasanya nano nano. Aku harus ganti baju berkali-kali, ngelap lantai dan hal riweuh lainnya. 

Tapi disaat hati tuh kesel dan panas. Allah tunjukan lagi peristiwa yang seakan nampar aku harus bersyukur. Jadi di kamar rawat itu ada pasien lain yan sakitnya ternyata lebih parah dari khalid. Diruangan A, itu ada bayi 8 bulan kena infeksi paru paru yang nafasnya berat dan suka semacam sesak gitu. Setiap denger dia kesakitan dan nangis.. Ya Allah rasanya sedih banget. Belum lagi ibunya hanya sendirian ngejaga anaknya karena bapaknya kerja.  Dan sedih lagi karena diumur anak yg usianya 8 bulan itu, dia baru bisa sekedar memiringkan badan. Padahal harusnya di usia 8 bulan itu, anak harus suda bisa duduk dengan tegak. Dengan kata lain dia punya keterlambatan tumbuh kembang. Dan ketika aku lihat bayinya ternyata secara fisik sedikit kurang sempurna.

Disitu aku mikir, ya Allah aku mungkin kurang bersyukur dan sabar .. Ada orang lain yang lebih parah dan kondisinya lebih sulit dari aku. Meski ribet , tapi khalid masih anteng di rumah sakit dan dia bisa tidur dengan nyenyak tanpa rewel. Rupanya selama ini aku masih fokus sama kesulitan dari pada nikmat yang Allah kasih. Anakku dikasih ujian sakit sebentar aja aku rasanya gak karuan. Gimana dg para ibu yang diuji dengan anak yang punya keterbatasan ? Bagaimana dengan para ibu yang dengan sabar setiap minggu rutin menemani anaknya pengobatan ? Berkorban waktu, tenaga dan harta.


Ujian yang Allah kasih ini benar benar berharga banget buat aku. Rasanya Allah tuh ingin memberi banyak pelajaran khususnya sabar dan syukur. Kadang kita merasa kondisi yang kita alami ini sulit sekali. Atau bertanya tanya dalam diri, dari sekian banyak orang kenapa aku yang dipilih diberi ujian. Tapi jika kita hudznudzon dengan Allah.. Kita akan menemukan betapa Allah sayang dengan kita. Allah ingin memberi kita pelajaran, Allah ingin menaikan level kita dengan cara yang berbeda. 

Masya Allah.. Alhamdulillah ala kulli hal. Semoga Allah senantiasa membimbing kita menjadi lebih baik lagi. 

Itu dulu ya sharingnya, semoga nnti bisa sharing lagiii...see you in next post :)



Comments

Popular posts from this blog

Growth Mindset in Motherhood

Berjibaku dalam dunia rumah tangga, relasi suami istri, menjadi orang tua emang gak mudah. Banyak banget tantangan yang harus di hadapi. Rasanya setiap minggu bahkan setiap hari ada saja masalah baru yang datang. Yang kadang kalo terus ditumpuk ternyata lama-lama bisa menimbulkan pola pikir destruktif di otak kita.  Misal kita berkali-kali mencoba resep MPASI tapi berkali kali pula di tolak dan dilepet kembali oleh anak.  Kalau kita punya pikiran destruktif, kita bisa aja berfikir “ aduh ni kayaknya aku ga  bakat masak nihh.. makanannya ditolak terus “. Atau bisa juga kita langsung ngejudge, “ wah ni anak pilih pilih makan nih kayak bapaknya, ya udahlah seadanya aja”.  Dan akhirnya kita pun meyerah dan memberikan makan sesuai ‘selera’ anak bukan kebutuhannya Nah pola pikir mirip sepert ini, yang cenderung menyerah dengan kondisi, menjudge diri/kondisi terlalu dini, dan merasa bahwa keadaan ataupun segala sesuatu itu sudah baku alias ga bisa diubah ini bahaya banget karena membuat kit

Memahami dan Mengukur Diri

Suatu ketika saya melihat status teman saya. Ia memuji seorang ibu yang beranak 4 namun bisa menyelesaikan pendidikannya hingga S3 dan membuka klinik. Waah hebat sekali dia . Saya yang baru saja beres memasak dll, belum nyuci, ditambah harus ditambah persiapan membawa anak untuk les bahasa arab rasanya langsung tak karuan . Sedih, merasa minder dan aaah apalah aku .  Yang cuman seminggu sekali les bahasa arab aja rasanya syukur alhamdulillah bisa terwujud.. Belum lagi ketika pulang les, PR mengangkat jemuran, nyetrika dan cuci baju sedang menunggu. Seketika mengingat pujian teman saya tadi keikhlasan saya sedikit terkikis.. "Ya Allah... Apakah yang kulakukan ini kurang bernilai ? Hanya berkutat di rumah, tak ada gelar tambahan,tak ada gaji dr keringat saya.." " Ya Allah.. Apakah hanya wanita bergelar dan berbisnis saja yg disebut wanita hebat ?" Saya pun makin merendah diri saat ingat cita cita ingin melanjutkan S2, punya bisnis dsb. Tapi melihat realita l

Belajar dari Ibu Hebat

Belajar dari ibu ibu hebat.  Jadi ceritanya sebulan lalu ummi galau mau lanjutin belajar di ma'had atau enggak. Karena luar biasa capek pulangnya dan ditunggu dg amanah domestik lain dirumah. Ditambah lagi khalid anaknya 'seperti' kurang sosialisasi, jadi ummi bertekad kalo berhenti mau full ngelatih potensi dan sosioemosional khalid.. Menjelang masuk pun masih galau. Lanjut gak yaa.. Ya udahlah beli kitab dulu aja. Bahkan sampai pagi sebelum brangkat dauroh awal pun masih galau. Bismillah berangkat aja.  Tapi masya Allah.. Allah tuh kayak nabok bolak balik. Waktu dauroh.  Khalid yang biasanya betah 2 jam lebih nongkrong dipangkuan ummi dan g mau main sama org lain, tiba tiba dia mau main dengan anak lain. Bahkan g mau pulang.. Begitu juga untuk dauroh hari kedua Trus.. Aku ngeliat ibu ibu lain yang struggle anaknya nangkel, bahkan ada yang jatohin kipas angin deket ustadz..wkwk. Ya santai broh emaknya. Ngeladenin anaknya main kuda kudaan sambil liat kitab. Masya Allah..